Dedemit Mitra Strategis BNN Jawa Barat

posted in: Kegiatan | 0

kerjasama dedemit dengan BNN

TASIK MALAYA – Dedemit Ciamis diundang oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat untuk mengikuti pelatihan rehabilitasi penyalahgunaan narkoba bagi komunitas dan lembaga-lembaga swadaya masyarakat di Kabupaten Garut, Ciamis, Tasikmalaya dan Kota Banjar, 14 April 2015.

 

Ada beberapa pemateri yang hadir. Mulai dari Edi Heryadi S.Pd, M.Si dari BNN Provinsi Jawa Barat yang membahas tentang Undang-undang No. 35/2009 tentang Narkotika hingga Drs. Anas Saefuddin dari BNK Garut.

Dalam paparannya Edi Heryadi menjelaskan tentang tujuan UU Narkotika, yakni mencegah meluasnya penyalahgunaan berbagai zat, termasuk yang awalnya masuk golongan psikotropika (metamfetamin, MDMA, buprenofrina), kemudian pengetatan sanksi hukum pidana bagi pengedar narkotika, humanisasi bagi pecandu melalui wajib lapor maupun wajib rehabilitasi, serta pemidanaan bagi penyalahguna, terlebih yang tidak melakukan lapor diri atau rehabilitasi.

“Rehabilitasi pun dibatasi hanya dua kali masa perawatan” ujar Edi.

Selanjutnya, Anas Saefuddin (BNK Garut) menjelaskan tentang gerakan rehabilitasi 100.000 penyalahguna narkoba, sebagaimana yang diamanatkan Presiden Joko Widodo kepada BNN serta instansi terkait, untuk melaksanakannya pada tahun 2015 ini.

Deklarasi gerakan tersebut dilakukan di lapangan Bhayangkara Mabes POLRI Jakarta (31/01/2015). BNN menargetkan pada tahun ini setidaknya ada 100.000 penyalahguna narkoba yang direhabilitasi. Sebagai bagian dari masyarakat, Dedemit diminta untuk menjadi penangkau (outreach) yang bertugas mengantarkan penyalahguna narkoba ke tempat pelaporan dan dilanjutkan ke tempat rehabilitasi.

Leave a Reply