E-Learning Media Pembelajaran

posted in: Kegiatan | 0

elearning

Ciamis, Rabu (18/02). Ruang Belajar Masyarakat (RBM) melalui Pokja Bidang Pengembangan IT Perdesaan mengadakan Pelatihan E-learning media pembelajaran pembuatan kontens animasi selama dua hari dari tanggal 17-18 Pebruari 2015 yang diikuti oleh 25 orang dari unsur pemerintah desa dan pelaku pemberdayaan yang akan diselenggarakan di Gedung Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Dishubkominfo kabupaten Ciamis. Kegiatan ini bekerjasama dengan Comlabs ITB sebagai narasumber, Komunitas DedemIT, Gerakan Desa Membangun dan didukung penuh oleh Dishubkominfo.

Kegiatan ini bertujuan Untuk mendukung pengarusutamaan isu perdesaan, Ruang Belajar Masyarakat dan DedeMIT ( Desa-desa Melek IT) telah melakukan penguatan kepada pemerintah desa dalam pengelolaan web desa. Dalam  memperkuat isu perdesaan melalui website desa, maka dilakukan pelatihan produksi konten website (teks, foto, video) yang bermaterikan dunia perdesaan yang melibatkan pelaku pemberdayaan dan pemerintah desa, Pelatihan mengunggah konten (posting) di website desa dan pelatihan strategi menyebarluaskan konten desa (ada yang berupa teks, gambar, maupun video untuk mengarus utamakan permasalahan, program dan potensi desa)  melalui website atau media sosial (khususnya Facebook, Twitter, dan Google+).

elearning2elearning3

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dishubkominfo yang diwakili oleh Sri Yosep M,SE MM Kabid Kominfo,  ada beberapa materi yang diberikan narasumber dari comlabs ITB antara lain pengenalan e-learning, presentasi menggunakan aplikasi i-spring dan editing video menggunakan camtasia.

UU Nomor 6 Tahun 2014 memberikan keleluasaan kepada desa untuk mengelola potensi desa untuk membangun kesejahteraan masyarakat desa, Teknologi informasi sebagai teknologi pembebasan yang  berperan penting bagi desa. Ruang Belajar Masyarakat dan DedeMIT melakukan secara intensif pertukaran informasi desa untuk memperkuat jaringan kerja antar desa.  E-Learning sebagai media pembelajaran on line dan komunikatif diharapkan menjadi bagian penting untuk memperkuat konten di website desa. (Unk Jr)

Leave a Reply